Minggu , 26 Mei 2019
Home - Berita Bola - Bonek Surabaya, Kami hilangkan kecintaan terhadap Sepak Bola (End )

Bonek Surabaya, Kami hilangkan kecintaan terhadap Sepak Bola (End )

ebenarnya Persebaya banyak yang mencintai, bukan hanya rakyat Surabaya tapi Indonesia. Terlalu kecil kalau memaknai pecinta Persebaya hanya di Surabaya. Bagi Andie, Persebaya adalah Bonek dan Bonek adalah Persebaya, karena tidak mungkin komunitas suporter tanpa memiliki klub. Ia berpandangan bahwa Bonek tidak boleh lebih besar dari Persebaya karena akan terlalu berbahaya akibatnya.

Andie menganggap perjuangan menuntut nama Persebaya bukan sekadar untuk kepentingan kelompoknya. Ia ingin menyampaikan bahwa suporter tidak boleh dikendalikan oleh politik atau kepentingan pribadi. Aksi-aksi bonek, menurutnya, juga sebuah pembelajaran untuk menjaga identitas dan sejarah.

Walaupun kami tahu kami berhadapan dengan tembok yang kokoh atau kekuatan yang lebih besar, kami meyakini bahwa suporter adalah bagian besar dari sepak bola. Kami akan menang dan Persebaya akan kembali. Perjuangan itu dibayar dengan mahal, kehilangan sesuatu yang dekat dengan trah mereka sebagai suporter: sepak bola.

Perlawanan tertinggi kami itu memboikot stadion, itu perjuangan kami yang paling tinggi. Arek-arek Bonek dan rakyat Surabaya membuktikan bahwa apa yang PSSI sajikan tidak menarik bagi kami, meski mungkin didatangkan pemain-pemain mahal. Pemain-pemain nasional. Terlepas dari adanya stigma negatif sebagai kelompok yang sering berulah, Andie mengidolakan Bonek karena ada semangat heroisme yang tidak dimiliki suporter yang lain. Menurutnya, kenekatan yang bersandang pada nama Bonek itu adalah sebagai bagian dari kenakalan pemuda biasa.

Ia juga melihat ada esensi lain yang terkandung dalam Bonek, yaitu mencintai dengan semangat militan tanpa pamrih. Memang ada situasi yang membuat Bonek mengubah diri mereka menjadi ‘nekat’, namun Andie menyatakan bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh faktor lain. Contohnya, ucap Andie, perlawanan sekarang melawan dualisme Persebaya adalah untuk mendewasakan temen-temen Bonek. Anda bisa memaknai kenekatan identik dengan kerusuhan, dan lain-lain.

Tapi pemahaman itu bisa kita ubah bahwa kenekatan bukan sekadar terjadi kerusuhan. Ada fase-fase ketika kenekatan itu penting buat kita, buat siapapun. Misalkan kemerdekaan Indonesia dan peristiwa 10 November di Surabaya. Itu kan mengandung nilai-nilai kenekatan.

Kmai menyarankan kepada Persebaya 1927 dan Persebaya United bersatu. Supaya kita semakin kuat

Check Also

Ada lowong di MU, Brendan Rodger tidak sudi untuk melatih

Mantan Pelatih liverpool, Brendan Rodgers kini tengah menganggur. Namun, kalau pun pos manajer Manchester United ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *