Kamis , 20 Juni 2019
Home - Berita Bola - Hasil Pengundian Piala AFC U-23 2016

Hasil Pengundian Piala AFC U-23 2016

Salah satu wakil Asia Tenggara di Piala AFC U-23 2016, Thailand akan berada di grup berat. Hal itu diungkapkan oleh pelatih timnas U-23 Thailand, Kiatisuk Senamuang. Dari pembagian grup putaran final, Thailand berada di Grup B bersama Arab Saudi, Jepang, dan Korea Utara.

Berdasarkan informasi dari Bangkok Post, Pelatih Kiatisuk bahwa kita di Grup yang berat. Arab Saudi merupakan salah satu favorit (juara), sementara Jepang merupakan salah satu tim kuat di Asia.

Thailand bermain 0-0 dengan Korea Utara pada saat kedua tim bertemu di Bangkok pada fase penyisihan grup awal tahun ini. Sedangkan kekuatan Jepang dibuktikan dengan lolos ke Olimpiade sebanyak sembilan kali, termasuk berada di posisi keempat di Olimpiade London 2012.

Satu wakil dari ASEAN lainnya, Vietnam, berada di Grup D bersama Yordania, Australia, dan UEA. Australia tercatat menjadi perempat finalis Olimpiade 1988. Grup yang juga cukup berat untuk Vietnam, seperti diakui sang pelatih, Toshiya Miura.

Berdasarkan situs resmi dari AFC, Miura mengatakan bahwa segala sesuatunya akan jadi berat buat kami, tetapi pengalaman akan membantu pemain kami. Kami sudah bersiap sejak awal Desember 2014. Kami juga sudah menyusun sejumlah agenda uji coba. Terus terang, tidak banyak yang memprediksi kami bisa lolos ke fase gugur, tapi kami akan memberikan yang terbaik. Keajaiban bisa terjadi di sepak bola.

Di pihak lain, Indonesia tidak bisa ikut bermain, bukan karena sanksi FIFA, melainkan karena memang tidak lolos dari fase kualifikasi. Ketika itu timnas U-22 Indonesia gagal lolos dari babak penyisihan Grup H, yang dimainkan dari 27-31 Maret, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Timnas U-22 Indonesia yang dilatih Aji Santoso keluar sebagai runner-up, namun poin enam yang diperoleh Evan Dimas dkk. tidak cukup meloloskan ke putaran final karena tak bisa merebut satu dari lima jatah tiket dari kategori runner-up terbaik.

Dua dari lima tiket dari runner-up terbaik itu disabet Thailand dan Vietnam. Putaran final Piala AFC U-23 akan digelar di Doha, Qatar, pada 12-30 Januari 2016, diikuti sebanyak 16 tim yang terbagi ke dalam empat grup. Tiga tim teratas akan mendapatkan tiket mengikuti Olimpiade Brasil 2016. Juara bertahan Piala AFC U-23 adalah Irak.

Pembagian Grup Piala AFC U-23:

Grup A: Qatar, Suriah, Iran, Tiongkok

Grup B: Arab Saudi, Jepang, Korea Utara, Thailand

Grup C: Irak, Korea Selatan, Uzbekistan, Yaman

Grup D: Yordania, Australia, UAE, Vietnam

Check Also

Ada lowong di MU, Brendan Rodger tidak sudi untuk melatih

Mantan Pelatih liverpool, Brendan Rodgers kini tengah menganggur. Namun, kalau pun pos manajer Manchester United ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *