Jumat , 23 Agustus 2019
Home - Berita Bola - Jadwal Pemilihan Presiden baru FIFA telah ditetapkan
The logo of the global football's governing body FIFA is seen on October 3, 2013 at its headquarters in Zurich. FIFA kicked off a crunch meeting behind closed doors, amid claims of rights abuses by 2022 World Cup Qatar and wrangling over plans to hold the tournament in the winter. AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI (Photo credit should read FABRICE COFFRINI/AFP/Getty Images)

Jadwal Pemilihan Presiden baru FIFA telah ditetapkan

Komite Eksekutif FIFA telah memastikan jadwal pemilihan presiden baru FIFA akan digelar pada tanggal 26 Februari 2016. Tak hanya kongres, momen itu juga akan digunakan untuk melakukan perubahan pada Kode Etik.

Kongres FIFA itu digelar lebih dini setelah Sepp Blatter yang baru terpilih kembali untuk jabatan periode kelima pada Mei tahun lalu memutuskan untuk menyerahkan mandat. Sepp Blatter memutuskan untuk mengundurkan diri akibat skandal suap yang melibatkan pejabat-pejabat tinggi FIFA.

Sepp Blatter pun telah diskors selama 90 hari oleh Komite Etik FIFA akibat tengah diinvestigasi oleh otoritas Swiss.

Berdasarkan Informasi dari Reuters memberitakan tentang rencana perubahan Kode Etik itu. Perubahaan kode etik akan membuat aktivitas FIFA lebih transparan. Perubahan dalam Kode Etik itu akan berada dalam pasal 36 Kode Etik saat ini.

Dalam perubahan itu akan menjamin anggota Komite Eksekutif FIFA menjaga detail operasi memiliki tingkat keterpercayaan tinggi. Di satu sisi, penetapan tanggal kongres itu membuat upaya Presiden UEFA Michel Platini akan kesulitan. Platini yang juga dijatuhi skors oleh Komite Etik FIFA berusaha mengajukan banding.

Pria yang berminat menjadi Presiden FIFA itu mengklaim dirinya tak bersalah mengenai dana yang didapat dari organisasi sepak bola dunia itu. Ia mengklaim itu sebagai hasil kerja profesional. Saya tidak terlibat.

Berdasarkan informasi dari BBC memberitakan bahwa Presiden UEFA, Michel Platini, tak bisa memberikan bukti pembayaran FIFA untuk dirinya senilai dua juta Swiss francs (£1,35 juta), atau setara Rp 27,9 miliar.

Berdasarkan koresponden BBC, Richard Conway mengataakan bahwa Platini memiliki kontrak kerja tertulis untuk pekerjaannya. Satu dekade lalu, Platini juga telah menerima total pembayaran senilai 1,05 juta Swiss francs (£710 ribu). Akan tetapi tak ada kontrak tertulis tentang pembayaran tambahan yang dibayarkan pada tahun 2011 lalu.

Pernyataan resmi FIFA tidak memberikan rincian tentang tuduhan terhadap Makudi, namun eks presiden federasi sepak bola Thailand ini sedang diselidiki terkait perannya dalam proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022.

Kita lihat bagaimana akhir drama FIFA ? akan berlansung Happy Ending atau tidak ada kejelasan sama sekali ?

Check Also

Ada lowong di MU, Brendan Rodger tidak sudi untuk melatih

Mantan Pelatih liverpool, Brendan Rodgers kini tengah menganggur. Namun, kalau pun pos manajer Manchester United ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *