Rabu , 23 Oktober 2019
Home - Berita Bola - Kunci Keberhasilan Pep Guardiola adalah penempatan posisi

Kunci Keberhasilan Pep Guardiola adalah penempatan posisi

Mantan striker Barcelona, Thierry Henry, membeberkan beberapa poin penting dari strategi yang dimiliki oleh Josep Guardiola, terutama terkait penempatan posisi.

Thiery Henry merupakan striker Barcelona antara tahun 2007-2010. Dia mengalami transisi kepelatihan dari Frank Rijkaard ke Pep Guardiola pada tahun 2008.

Bersama Guardiola, Thiery Henry mencicipi 2 gelar La Liga dan sekali juara Liga Champions.

Mantan striker Arsenal itu kemudian mencoba membeberkan rahasia dari taktik Guardiola. Thiery Henry mengatakan bahwa instruksi Pep Guardiola terkait penempatan posisi pemain memegang peranan penting dalam membongkar pertahanan lawan.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Sky Sport, Thiery Henry mengatakan bahwa di Barcelona, tak pernah ada pemain yang meminta bola. Pemain akan tetap di posisinya, memercayai rekan setim saat memegang bola, dan menunggu bola dioper.

Thiery Henry mengatakan bahwa Saya bermain di sisi kiri penyerangan. Posisi saya itu membuat Andres Iniesta leluasa untuk mendapatkan bola di lapangan tengah. Sebab, bek kanan lawan telah dibuat sibuk oleh saya. Thiery Henry lantas membeberkan tiga kata kunci dalam permainan Guardiola yang disebut 3P, yaitu play (bermain), possession (penguasaan bola), dan posisi.

Thiery Henry mengatakan bahwa dari ketiganya, terpenting adalah posisi. Pemain diminta tetap berada di posisinya dan percaya kepada rekan setim bahwa akan memberikan bola. Tiga kata kunci itu terus ditekankan sejak saat latihan, terutama kepada Xavi Hernandez dan Andres Iniesta yang menjadi motor permainan di lini tengah. “Kekakuan” formasi itu harus terus dijaga hingga area pertahanan lawan.

Thiery Henry mengatakan bahwa ketika sudah mencapai sepertiga akhir lapangan, kami diberikan kebebasan dalam melakukan segalanya. Guardiola punya rencana. Jika tidak bermain sesuai dengan permintaan dia, seorang pemain akan mendapatkan masalah.

Thiery Henry pernah mengalami hal tersebut. Kendati pada satu pertandingan melawan Sporting Lisbon bisa mencetak gol, Henry mendapatkan teguran dari Guardiola.

Thiery Henry mengatakan bahwa Pep Guardiola sama seperti Louis van Gaal. Ketika dia sudah punya rencana, pemain harus menghormatinya. Para pemain harus menuruti perintah Pelatih.

Check Also

Ada lowong di MU, Brendan Rodger tidak sudi untuk melatih

Mantan Pelatih liverpool, Brendan Rodgers kini tengah menganggur. Namun, kalau pun pos manajer Manchester United ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *