Rabu , 23 Oktober 2019
Home - Berita Bola - PSM Makasar meraih kemenangan Telak atas Persipasi Bandung Raya

PSM Makasar meraih kemenangan Telak atas Persipasi Bandung Raya

PSM Makassar berhasil mengalahkan Persipasi Bandung Raya (PBR) dengan skor 2-0, pada pertandingan kedua Grup D Piala Presiden 2015, di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Jumat (4/9/2015). Dengan hasil tersebut, anak-anak asuhan Assegaf Razak ini berhasil melaju ke babak perempat final Piala Presiden.

Pada babak pertama, PSM Makasar yang turun dengan formasi menyerang 4-3-2-1 tidak mendapatkan peluang emas. Sementara itu, PBR yang diprediksi akan menerapkan strategi serangan balik, justru lebih dominan mengontrol jalannya pertandingan dan beberapa kali memiliki kesempatan emas untuk membobol gawang Juku Eja.

Beberapa kali, dua penyerang sayap PBR, David Laly dan Ghazali Siregar, merepotkan Agung Prasetyo dkk. Pada menit ke-14, David Laly hampir membobol gawang Juku Eja. Beruntung, kiper PSM, Dimas Galih, bisa mengantisipasi tendangan keras dari pemain kelahiran Wamena tersebut.

Kemudian pada menit ke-26, Ghazali siregar hampir mengubah papan skor. Tetapi, tendangan pemain yang mempunyai kecepatan tersebut hanya membentur mistar gawang Juku Eja. Setelah itu, PSM mencoba keluar untuk menyerang kembali pertahanan Badak Biru. Namun, kedisiplinan barisan belakang PBR yang dikomandoi Leonard Tupamahu membuat Ferdinand Sinaga dkk. kerepotan menciptakan gol. Anak-anak asuhan Assegaf Razak itu pun harus lebih bersabar. Kedua kesebelasan melakukan pertarungan di lini tengah. Pada babak pertama, kedua tim bermain imbang.

Pada babak kedua, PBR langsung mengancam pertahanan Juku Eja. Pada menit ke-47, David Laly berhasil membobol gawang Dimas Galih. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena pemain berumur 23 tahun itu dalam posisi offside. Skor masih imbang tanpa gol.

Meski tertekan, PSM akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-53 melalui sundulan dari gelandang tengah Juku Eja, Ardan Aras, yang berhasil mengoyak gawang Dennis Romanovs setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas yang dieksekusi oleh Aditya Putra Dewa. Skor 1-0 untuk PSM.

Tertinggal satu gol membuat PBR kembali membangun serangan untuk membongkar pertahanan Pasukan Ramang. Pada menit ke-57, tendangan Gaston Castano hampir membobol gawang Dimas Galih. Tapi, bola dari tendangan pemain bernomer punggung 32 itu masih melambung tinggi dari target sasaran.

Kedua team saling tukar serangan. PBR mengancam gawang Juku Eja melalui tendangan David Laly pada menit ke-60. Beruntung, Dimas Galih berhasil mengantisipasi tendangan keras mantan pemain Peersipura Jayapura tersebut. Satu menit berselang, giliran Ferdinand Sinaga yang mengancam gawang Dennis Romanovs. Tetapi, tendangan pemain yang dijuluki The Dragon itu masih membentur mistar gawang.

Memasuki waktu seperempat pertandingan, PBR kembali melakukan tekanan ke jantung pertahanan PSM. Namun, kedisiplinan barisan belakang Juku Eja membuat Rahmat Hidayat dkk. gagal mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Terus menekan, para punggawa PBR lupa akan koordinasi lini pertahanan. Pada menit ke-86, gelandang tengah PSM, Rasyid Bakri, berhasil memperbesar keunggulan Juku Eja. Pemain berumur 24 tahun itu berhasil melepaskan tendangan keras yang mengoyak gawang PBR, setelah menerima umpan terobosan dari Maldini Pali. Juku Eja unggul 2-0 atas PBR.

Keunggulan 2-0 untuk PSM bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Kemenangan tersebut membuat Juku Eja dipastikan melaju ke babak perempat final Piala Presiden setelah mengemas enam poin hasil dua kemenangan. Sementara, kekalahan membuat PBR harus tersisih dari turnamen gagasan Mahaka Sport and Entertaiment tersebut mengingat tim ini belum mengemas satu poin pun dari dua pertandingan yang sudah dijalani.

Susunan Pemain:

PSM Makassar (4-3-2-1):
Dimas Galih Pranata; Ahmad Maulana, Agung Prasetyo, Kurniawan Karman, Stario Syam; Ardan Aras, Rasyid Assahid Bakri, Syamsul Bachri Chaeruddin (Tamsil Suaya 48); Aditya Putra Dewa (Maldini Pali 73), Ferdinand Sinaga; M.Rahmat.

Persipasi Bandung Raya (PBR) (4-3-2-1):
Dennis Romanovs; Riyandi Ramadhana (Yongki 81), Hermawan, Leonard Tupamahu, Ricky Ohorella (Nova Arianto 79); Kim Jeffrey Kurniawan, Rahmat Hidayat, Hanif Abdurrauf; David Laly (Dibyo P. 72), Ghazali Siregar (Gavin 81); Gaston Castano.

Check Also

Ada lowong di MU, Brendan Rodger tidak sudi untuk melatih

Mantan Pelatih liverpool, Brendan Rodgers kini tengah menganggur. Namun, kalau pun pos manajer Manchester United ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *