Kamis , 15 November 2018
Home - Berita Bola - PT Liga berencana membentuk Indonesia Super Competition

PT Liga berencana membentuk Indonesia Super Competition

PT Liga Indonesia berencana untuk mengadakan sebuah kompetisi yang tak lagi bernama Indonesia Super League (ISL). Untuk mengesankan baru, mereka pun akan membentuk perusahaan (operator) yang baru. Rencana PT Liga itu mencuat setelah mereka mengadakan pertemuan dengan 18 klub ISL beberapa waktu, terkait nasib kompetisi nasional yang masih tiada sejak PSSI dibekukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Seperti diketahui, setelah PSSI dibekukan, pemerintah (Kemenpora) menunjuk Tim Transisi sebagai “koordinator” sepakbola Indonesia, selama belum ada federasi (baru) yang diakui oleh negara. Beberapa kali PT Liga mencoba menggulirkan lagi kompetisi (ISL), tapi selalu tidak mendapat rekomendasi dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), yang mensyaratkan mereka harus berkoordinasi dengan Tim Transisi.

Tak kurang akal, PT Liga pun memunculkan gagasan untuk membuat kompetisi baru bernama Indonesis Super Competition (ISC). Kompetisi itu nantinya diklaim tidak akan terafiliasi dengan PSSI, seperti ISL selama ini. Mereka pun berdalih, karena bukan bagian dari PSSI, semestinya BOPI tak ada alasan lagi untuk tidak memberikan rekomendasi.

Seekretaris PT Liga, Tigor Shalom Boboy mengayakan bahwa PT Liga juga akan membuat label perusahaan baru, sebagaimana disepakati pula oleh klub-klub (ISL) tersebut. Dengan begitu, mereka yakin BOPI tak ada alasan lagi untuk tidak memberikan rekomendasi. Apakah akan berkoordinasi dengan Tim Transisi? Ya, itu nanti di step berikutnya untuk masalah administrasi. Yang jelas, kami saat ini akan membuat perusahaan baru dulu. Prosesnya mungkin dua sampai tiga minggu ke depan.

Menanggapi rencana bergulirnya kompetisi yang terdengar baru itu, Sekjen BOPI Heru Nugroho berharap wacana dan tanpa embel-embel PSSI tersebut tidak “asal bunyi”. Bukan kami berpikir negatif. Asal independensi mereka itu memang bener konkrit, bukan cuma sekadar lip service

Heru lalu mengingatkan bahwa apapun yang dimaksudkan sebagai kompetisi, tetap harus melibatkan koordinasi dengan Tim Transisi. Pokoknya, sementara ini tidak boleh ada keterkaitan dulu dengan PSSI dan berkoordinasi dengan Tim Transisi adalah bersifat wajib. Supaya kompetisi jangka panjang bisa berjalan dengan baik.

Check Also

Ada lowong di MU, Brendan Rodger tidak sudi untuk melatih

Mantan Pelatih liverpool, Brendan Rodgers kini tengah menganggur. Namun, kalau pun pos manajer Manchester United ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *