Senin , 21 Januari 2019
Home - Dunia - Bosnia mengukir sejarah dengan lolosnya ke Putaran Final Piala Eropa 2016

Bosnia mengukir sejarah dengan lolosnya ke Putaran Final Piala Eropa 2016

Pada tahun lalu, Bosnia Herzegovina membuat sejarah dengan tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya. Kali ini Bosnia ingin meneruskan sejarah tersebut dengan lolos ke Piala Eropa 2016.

Bosnia membuat kejutan di fase kualifikasi Piala Dunia 2014. Mereka berhak tampil di Brasil setelah merebut tiket ke putaran final dengan catatan istimewa sebagai pemuncak Grup G, mengungguli Yunani dengan 25 poin dari 10 pertandingan.

Tak heran jika keberhasilan tersebut disambut suka cita oleh publik Bosnia. Sebab itulah pertama kali dalam sejarah, Tim Nasional Bosnia mereka akan tampil di turnamen besar internasional setelah merdeka dari Yugoslavia pada tahun 1992.

Kesuksesan Bosnia lolos ke Piala Dunia 2014 dinilai memang sudah waktunya. Bosnia disebut-sebut sedang diperkuat oleh generasi emasnya. Pemain-pemain Bosnia banyak yang merumput di liga-liga top Eropa. Sebut saja Edin Dzeko, Asmir Begovic, Miralem Pjanic, Vedad Ibisevic, hingga Senad Lulic.

Tapi partisipasi pertama Bosnia di Piala Dunia cuma sampai babak grup. Mereka yang tersingkir setelah finis di urutan ketiga Grup F, di bawah Argentina dan Nigeria.

Bosnia kini menatap turnamen mayor berikutnya. Piala Eropa 2016 jadi target Edin Dzeko dkk. selanjutnya. Di edisi sebelumnya, langkah Bosnia untuk masuk ke putaran final diadang Portugal di babak play-off.

Kali ini Bosnia kembali harus melewati play-off setelah hanya finis di urutan ketiga klasemen Grup B dengan mengumpulkan 17 poin dari 10 pertandingan di fase kualifikasi. Jika bisa lolos dari play-off, maka ini juga akan jadi sejarah bagi Bosnia untuk pertama kalinya tampil di turnamen tertinggi antarnegara Eropa itu.

Di babak play-off, Bosnia akan menghadapi Republik Irlandia. Tim arahan Mehmed Bazdarevic itu akan lebih dulu menjadi tuan rumah di leg pertama, Jumat (13/11/2015), sebelum gantian melawat ke Dublin di leg kedua tiga hari kemudian.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari ESPN FC, Edin Dzeko mengatakan bahwa ini akan menjadi dua pertandingan yang sangat menarik karena kami ingin lolos ke Piala Eropa, mereka juga begitu, jadi menarik untuk ditonton.

Edin Dzeko mengatakan bahwa ini akan menjadi pengalaman pertama saya ke Piala Eropa. Kami berhasil lolos ke Piala Duni di Brasil dan itu adalah kompetisi besar pertama kami, dan sekarang kami juga ingin ke Piala Eropa.

Check Also

Uruguay menang atas Chile dengan skor 3-0

Tim Nasional Uruguay berhasil naik ke peringkat dua klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2018 zona ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *