Selasa , 17 September 2019
Home - Dunia - Meski kalah dari Bosnia, Wales tetap lolos ke Putaran Final Euro 2016
STUTTGART, GERMANY - OCTOBER 28: Vedad Ibisevic of Stuttgart celebrates his team's second goal during the Bundesliga match between VfB Stuttgart and Eintracht Frankfurt at Mercedes-Benz Arena on October 28, 2012 in Stuttgart, Germany. (Photo by Alex Grimm/Bongarts/Getty Images)

Meski kalah dari Bosnia, Wales tetap lolos ke Putaran Final Euro 2016

Meski kalah 0-2 dari tuan rumah Bosnia & Hergozovina, Wales mengakhiri penantian untuk pertama kalinya dalam sejarah lolos ke putaran final Piala Eropa. Hal ini dikarenakan saingan terberat Wales dalam memperebutkan satu tiket lolos otomatis, Israel, kalah 1-2 di tangan Siprus.

Hasil tersebut membuat Gareth Bale dan kawan-kawan kini tak tergoyahkan di peringkat dua klasemen Grup B dengan 18 angka dari sembilan pertandingan. Mereka hanya terpaut dua angka dari Belgia yang kini menduduki puncak klasemen. Belgia baru saja menang 4-1 atas Andorra dan juga memastikan lolos ke putaran final.

Sementara itu, Bosnia di peringkat ketiga hanya mampu mengumpulkan 14 angka, dan Israel tertahan di peringkat keempat dengan 13 angka.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Bilino Polje pada Sabtu (10/10) tersebut, Bosnia bermain tanpa pencetak gol andalan mereka, Edin Dzeko, yang menderita cedera lutut. Hasil ini membuat Bosnia kehilangan ketajaman di depan.

Sementara itu Bale yang baru saja sembuh dari cedera betis, menjadi pemain yang mengendalikan serangan Wales. Meski ia bermain di sayap kiri, Bales sering kali turun ke tengah lapangan untuk membantu Wales dari hadangan lini tengah Bosnia.

Tim tuan rumah bermain lebih dominan di babak pertama dan nyaris mencetak gol di menit kesembilan, ketika tembakan Edin Visca melebar ke samping gawang. Jelang babak pertama berakhir, Wales nyaris unggul lebih dahulu ketika kiper Bosnia Asmir Begovic melakukan blunder ketika ditekan oleh Aaron Ramsey dan Nei Teylor.

Pemain yang masuk di babak untuk menggantikan Visca, ilan Djuric, kemudian membawa Bosnia unggul pada menit ke-71. Gol ini tercipta berawal dari meemanfaatkan umpan lambung dari tendangan bebas Miralem Pjanic, Djuric menyundul bola ke dalam gawang Wales.

Wales yang coba mengejar ketertinggalan melepaskan peluang mencetak gol ketika tendangan Bale hanya melebar ke samping gawang.

Bosnia kemudian mencetak gol kedua ketika Vedad Ibisevic menyontek bola dari jarak dekat dengan memanfaatkan sepakan umpan pojok. Skor 2-0 pun bertahan hingga wasit membunyikan peluit panjang. Bosnia akan berjuang untuk satu tempat di babak playoff ketika menghadapi Siprus pada Selasa (13/10).

Check Also

Uruguay menang atas Chile dengan skor 3-0

Tim Nasional Uruguay berhasil naik ke peringkat dua klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2018 zona ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *