Minggu , 22 Juli 2018
Home - Inggris - FA Cup - Arsenal menundukkan Burnley dalam Ajang Piala FA

Arsenal menundukkan Burnley dalam Ajang Piala FA

Arsenal melangkah ke babak kelima Piala FA usai menang 2-1 atas Burnley. Dua gol Arsenal dibuat oleh Calum Chambers dan Alexis Sanchez, Burnley membalas melalui Sam Vokes. Menjamu Burnley di Emirates Stadium, Sabtu (30/1/2016) malam WIB, Arsenal langsung mendapatkan ancaman di menit-menit awal. Tapi kemudian The Gunners berangsur-angsur menguasai pertandingan dan memimpin lewat Chambers di menit ke-19.

Usai gol, Burnley tampil lebih agresif menekan Arsenal. Hasilnya tim divisi Championship itu menyamakan kedudukan lewat Vokes di menit ke-30, menyusul sebuah skema sepak pojok.

Arsenal terus mencoba menguasai permainan, tapi Burnley tampil menyulitkan dengan pressing yang gencar. Sampai kemudian anak asuh Arsene Wenger menemukan kesempatan melalui serangan balik dan kembali unggul lewat Alexis di menit ke-53.

Secara keseluruhan Arsenal mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 68% sebagaimana dilansir ESPN. Mereka juga melepaskan lebih banyak upaya, dengan 23 tembakan di mana tujuh menemui sasaran. Sementara Burnley punya delapan percobaan dengan dua yang mengarah ke gawang. Kemenangan ini memastikan Arsenal melangkah ke babak kelima Piala FA.

Jalannya Pertandingan antara Arsenal vs Burnley, adalah sebagai berikut :

Pada awal-awal pertandingan, Arsenal lebih dahulu tertekan di awal-awal pertandingan. Andre Gray mendapatkan
peluang di dalam kotak penalty, usai menerima umpan lewat sundulan dari Sam Vokes. Tendangannya masih melenceng sedikit ke kiri atas gawang.

Di menit ke-7, Arsenal balas mengancam lewat Alexis Sanchez. Peluang yang didapat oleh Alexis Sanchez belum menemui sasaran karena tendangannya masih melebar ke kiri. Tak berselang lama giliran Mohamed Elneny yang melakukan percobaan. Tembakannya masih mampu diantisipasi oleh kiper Burnley, Tom Heaton.

Arsenal nyaris kemasukan di menit ke-11. Peluang itu bermula dari Kesalahan Laurent Koscielny yang membaca bola panjang dari lini belakang, Burnley membuat Gray bisa menyerobot. Gray pun berhadapan satu lawan satu dengan David Ospina. Tapi penyelesaian akhir yang kurang baik membuat tendangannya bisa dibaca oleh Ospina. Bola kemudian diamankan pertahanan Arsenal.

Di menit ke-19, Arsenal memetik keunggulan. Gol ini tercipta berawal dari Alexis menusuk dari sisi tengah, bertukar umpan dengan Alex Iwobi di depan kotak penalti. Melihat ruang tembak terhalang kerumunan bek Burnley, Alexis dengan cerdik mengoper ke Calum Chambers yang terbebas di kanan. Tanpa berlama-lama, Chambers melepas tendangan yang bersarang di pojok kiri gawang.

Arsenal mencoba menjaga momentum dengan sejumlah tekanan, tapi kandas. Tendangan Olivier Giroud dan Alexis di menit ke-24 dan 28 mentah oleh pertahanan Burnley.

Sebaliknya, mereka justru kecolongan di menit ke-30. Gol Burnley tercipta berawal dari menyerang lewat kanan melalui Tendayi Darikwa, yang kemudian melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalty. Bola disambut oleh sundulan Sam Vokes di tiang jauh, diarahkan ke pojok kanan bawah dan tak mampu dijangkau oleh Ospina.

Empat menit berselang Arsenal coba merespons lewat upaya Alex Oxlade-Chamberlain. Peluang itu cuma melebar ke kiri gawang Burnley. Chamberlain kembali melakukan percobaan di menit ke-43, kali ini diamankan oleh Tom Heaton. Tak ada lagi gol sampai babak pertama usai.

Arsenal kembali unggul saat laga masuk menit ke-53. Gol ini tercipta berawal dari sebuah serangan balik, Alexis Sanchez menusuk di sisi kiri. Bola kemudian berpindah ke sisi kanan dengan serangkaian kerja sama yang apik.

Mulanya Alexis mengoper ke Giroud tak jauh di depan kotak penalti. Oleh Giroud bola kemudian disodorkan ke Iwobi di belakangnya. Oleh Iwobi, bola dioper lagi ke Chamberlain yang berlari di sisi kanan. Chamberlain kemudian melepaskan umpan silang, yang disambut oleh Tendangan Alexis. Bola berakhir di pojok kanan gawang Burnley.

Arsenal nyaris menambah gol di menit ke-55. Peluang terciptaa bermula dari skema sepak pojok, bola mengarah ke Koscielny di tiang jauh dan berhasil ditendang oleh bek asal Prancis itu. Bola meluncur ke pojok kanan gawang, tapi di sana masih ada pemain Burnley yang menghalau tepat di garis gawang.

Sebuah upaya dari Elneny di menit ke-63 masih tepat mengarah ke pelukan Tom Heaton. Empat menit kemudian, gelandang baru Arsenal itu kembali mendapatkan kesempatan di dalam kotak penalti namun tendangannya melambung.

Berikutnya gantian peluang Alexis yang dihentikan kiper di menit ke-71. Burnley coba lebih berani menekan di sisa waktu. Sebuah tendangan dari Scoot Arfield masih melambung pada menit ke-78. Sepuluh menit kemudian peluang kembali didapatkan, kali ini melalui Michael Kightly tapi juga masih meluncur di atas mistar gawang.

Di menit ke-90, giliran Gray yang mendapatkan kesempatan di sisi kiri di dalam kotak penalti. Tembakannya cuma melenceng sedikit di kiri gawang. Arsenal sempat mendapatkan satu kesempatan sebelum laga berakhir lewat Elneny. Tapi tendangannya cuma melenceng ke kiri. Tak ada lagi gol tercipta di sisa waktu.

Susunan pemain:

Arsenal:
Ospina, Chambers, Gabriel, Koscielny, Gibbs, Coquelin (Arteta 71′), Elneny, Iwobi (Rosicky 71′), Oxlade-Chamberlain, Alexis, Giroud

Burnley:
Heaton, Darikwa, Mee, Keane, Ward, Arfield, Ulvestad, Jones (Barton 67′), Boyd (Kightly 80′), Vokes (Hennings 75′), Gray

Check Also

Prediksi Liga Inggris antara Leicester City vs Liverpool 03 Februari 2016

Pada pekan ke-24, Liga Inggris, 2015 tersaji pertandingan antara Leicester City melawan Liverpool yang akan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *