Minggu , 24 Desember 2017
Home - Inggris - Mourinho alami pemecatan terburuk
Chelsea's Portuguese manager Jose Mourinho reacts during a press conference on the eve of the UEFA Champions League Group E football match Steaua Bucharest vs Chelsea FC at National Arena Stadium in Bucharest, Romania on September 30, 2013. AFP PHOTO / DANIEL MIHAILESCU (Photo credit should read DANIEL MIHAILESCU/AFP/Getty Images)

Mourinho alami pemecatan terburuk

Jose Mourinho mengalami pemecatan terburuk sepanjang kariernya sebagai pelatih setelah didepak dari Chelsea untuk kedua kali, Kamis (17/12). Namun, The Special One, Jose Mourinho tetap memiliki catatan yang membanggakan sebagai manajer The Blues.

Chelsea memutuskan untuk mendepak Jose Mourinho menyusul penampilan buruk John Terry dan kawan-kawan di ajang Liga Primer Inggris. Kekalahan 1-2 dari Leicester City, akhir pekan lalu, membuat Chelsea yang merupakan juara bertahan Liga Primer berada di posisi 16 klasemen sementara.

Posisi ke-16 di liga adalah pencapaian terburuk Jose Mourinho sepanjang kariernya. Selama menangani sebuah klub, pelatih 52 tahun itu tidak pernah membawa tim yang dilatihnya menempati posisi lebih buruk dari posisi ketujuh.

Pencapaian terburuk Mourinho sebelumnya adalah ketika membawa Uniao de Leiria menempati posisi ketujuh klasemen akhir Liga Portugal pada musim 2001/2002. Fakta lainnya adalah, Jose Mourinho tidak pernah meninggalkan atau dipecat sebuah klub ketika posisi klub yang dilatihnya dalam posisi buruk.

Jose Mourinho dilepas Chelsea untuk kali pertama di awal musim 2007/2008 setelah The Blues menduduki peringkat dua di Liga Primer dan menjadi juara Piala FA serta Piala Liga di musim sebelumnya.

Sementara ketika dilepas Real Madrid pada akhir musim 2012/2013, Mourinho membawa Los Blancos menjadi runnerup La Liga. Ketika itu The Special One sudah tidak mendapat dukungan dari pihak klub dan pemain.

Sejumlah catatan di atas menunjukkan kalau Jose Mourinho sebelumnya dipecat atau dilepas sebuah klub lebih karena faktor non-teknis. Baru kali ini mantan pelatih Inter Milan itu dipecat karena prestasi buruk klub yang dilatihnya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Infostrada Sports memberitakan bahwa sebelum musim ini berjalan, Jose Mourinho hanya kalah 5 kali dari 249 pertandingan kandang di liga. Sedangkan musim ini Jose Mourinho sudah kalah 4 kali dari 8 pertandingan kandang musim 2015/2016.

Kekalahan sembilan kali di Liga Primer musim ini juga menjadi kekalahan terbanyak dalam satu musim sepanjang karier Mourinho.

Meski begitu, Jose Mourinho tetap memiliki catatan positif. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Opta, Opta mencatat bahwa Jose Mourinho merupakan pelatih yang menangani minimal 100 pertandingan dengan persentase kemenangan terbaik.

Sepanjang dua era menangani Chelsea, persentase kemenangan Mourinho di Liga Primer adalah 66 persen: 212 pertandingan, 140 menang, 44 imbang, dan 28 kali kalah

Check Also

Prediksi Bola antara Sunderland vs Manchester City

Prediksi Bola antara Sunderland melawan Manchester City merupakan pertandingan pekan ke-24, rencana akan berlangsung di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *