Sabtu , 21 September 2019
Home - Inggris - Sado Mane mempermalukan Chelsea

Sado Mane mempermalukan Chelsea

Chelsea tampil lesu saat menghadapi Southampton di Stamford Bridge. Lini belakang yang keropos serta minimnya kreasi dari tengah membuat Chelsea takluk 1-3 dari Soton.

Pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (3/10) malam WIB, manajer Chelsea, Jose Mourinho, kembali memasukkan John Terry ke dalam starting XI. John Terry diduetkan dengan Gary Cahill sebagai palang pintu. Sementara, Branislav Ivanovic yang belakangan disorot lantaran performanya menurun tetap dipercaya sebagai bek kanan.

Chelsea langsung menekan pertahanan Soton sejak awal pertandingan. Namun, Chelsea belum bisa masuk ke kotak penalti Soton pada sekitar lima menit pertama. Soton sempat membalas lewat serangan balik. Namun, umpan panjang yang dilepaskan kepada Dusan Tadic gagal lantaran Tadic berada dalam posisi offside.

Pada menit ke-10, Chelsea mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri setelah Eden Hazard dilanggar oleh Oriol Romeu. Willian pun maju menjadi eksekutornya.

Tendangan bebas Willian melengkung dan mengarah ke tiang jauh. Kendati kiper Soton, Maarten Stekelenburg, sudah melompat untuk menjangkau bola, ia tetap gagal menghalaunya. Chelsea unggul 1-0 dan buat Willian, ini adalah gol keduanya dalam dua pertandingan terakhir di Premier League. Pada pertandingan melawan Newcastle United pekan sebelumnya, ia juga sukses menciptakan gol lewat tendangan bebas.

Setelah gol tersebut, Chelsea mendominasi penguasaan bola. Namun, mereka kesulitan untuk masuk ke dalam kotak penalti Soton. Eden Hazard sempat mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya mengarah tepat ke tangkapan Stekelenburg.

Soton sempat dua kali mengklaim bahwa mereka layak mendapatkan penalti. Yang pertama ketika kostum Virgil van Dijk ditarik oleh Ivanovic, sedangkan yang kedua ketika Sadio Mane ditekel oleh Ramires. Namun, wasit menilai bahwa Mane menjatuhkan diri, bukannya dilanggar.

Soton, di sisi lain, bermain sabar dengan banyak melepaskan umpan panjang. Menjelang akhir babak pertama, mereka sempat mendapatkan peluang lewat umpan silang Victor Wanyama yang nyaris berbelok ke gawang Chelsea. Beruntung bagi Chelsea, Asmir Begovic sigap dengan menepis bola ke luar lapangan.

Pada menit ke-43, Soton akhirnya menyamakan kedudukan. Gol ini tercipta bermula dari umpan panjang dari sisi kanan yang diarahkan kepada penyerang mereka Graziano Pelle. Tanpa buang waktu, Pelle langsung membelokkan bola ke arah Steven Davis yang masuk dari lini kedua. Davis lantas melepaskan tendangan first-time tanpa bisa dihalau Begovic.

Sebelum babak pertama berakhir, Chelsea mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti Soton. Lagi-lagi, Willian menjadi eksekutornya. Namun, tendangan Willian kali ini membentur pagar pemain. Skor 1-1 bertahan sampai babak pertama selesai.

Di awal-awal babak kedua, Soton sempat mengancam ketika Mane lolos dari jebakan offside. Namun, dua kali tembakannya dari dalam kotak penalti gagal. Tembakan pertamanya diblok oleh Begovic, sedangkan sepakan keduanya membentur bek lawan. Soton mulai percaya diri menekan pertahanan Chelsea.

Pada menit ke-56, Chelsea sempat mengancam lewat Radamel Falcao. Peluang ini tercipta berawal dari Menerima umpan terobosan, penyerang asal Kolombia itu berhadapan satu lawan satu dengan Stekelenburg. Falcao kemudian terjatuh, tetapi Stekelenburg mengklaim bahwa ia sama sekali tak menyentuh Falcao. Falcao pun mendapatkan kartu kuning lantaran dinilai menjatuhkan diri.

Pada menit ke-59, malah Soton yang mencetak gol kedua. Mane, yang menerima umpan terobosan Pelle dari tengah, langsung berhadapan dengan Begovic usai memenangi perebutan bola dengan John Terry. Tendangan Mane, meski sempat mengenai Begovic tetapi bola tersebut tetap masuk ke gawang, Kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk Soton.

Pertahanan Chelsea benar-benar rapuh, dan ini kembali terlihat pada gol ketiga Soton yang tercipta pada menit ke-73. Soton dengan cepat melakukan serangan balik ketika The Blues kekurangan jumlah pemain di lini pertahanan. Dengan sigap Mane memberikan umpan terobosan ke kanan, tempat di mana Graziano Pelle berada. Dengan tenang, Pelle kemudian menyelesaikannya dengan sepakan datar kaki kanan. 3-1.

Setelah ketertinggalan, Jose Mourinho sempat merespons dengan memasukkan Loic Remy dan Pedro Rodriguez. Nemanja Matic, yang baru masuk di awal babak kedua, ditarik ke bench. Kendati demikian, Chelsea tetap kesulitan mengkreasikan peluang bersih.

Pada akhirnya, skor 3-1 bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Susunan Pemain

Chelsea:
Begovic, Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta, Fabregas, Ramires (Matic 46, Remy 73), Oscar, Willian (Pedro 64), Hazard, Falcao.

Southampton:
Stekelenburg, Soares, Fonte, van Dijk, Bertrand, Davis, Wanyama, Romeu (Ward-Prowse 46), Tadic (Rodriguez 78), Mane (Yoshida 89), Pelle.

Check Also

Prediksi Bola antara Sunderland vs Manchester City

Prediksi Bola antara Sunderland melawan Manchester City merupakan pertandingan pekan ke-24, rencana akan berlangsung di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *