Senin , 10 Desember 2018
Home - Spanyol - Liga Spanyol - Garry Neuville merupakan contoh yang baik untuk Manajer Britania

Garry Neuville merupakan contoh yang baik untuk Manajer Britania

Hampir sebulan lalu Gary Neville berpindah haluan dari kursi nyamannya di Monday Night Football menuju kursi panas manajer Valencia CF. Setelah pensiun sebagai pemain, Gary Neuville mengambil kursus kepelatihan lisensi A UEFA dan menjadi salah satu staf asisten pelatih tim nasional Inggris yang dipimpin oleh Roy Hodgson. Tapi, tak bisa disangkal, setelah pensiun ia memang lebih dikenal sebagai analis atau pandit di saluran Sky Sports tersebut.

Selama 19 tahun karir profesionalnya, ditambah empat tahun pasca pensiun, Gary Neuville tidak pernah hidup di luar Britania Raya (Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara). Lalu, tiba-tiba ia bertugas sebagai orang nomor satu kesebelasan sepakbola terbesar di Kota Valencia, Spanyol.

Meskipun penunjukan Gary Neuville ini tak lepas dari kedekatannya dengan Peter Lim, pemilik Valencia, tapi keheranan banyak orang bukan semata karena mempertanyakan kualitas dia, melainkan kualitas manajer asal Inggris secara umum.

Seperti yang kita tahu, sepakbola Inggris dan Britania Raya sudah sangat terkenal di dunia ini, terutama dengan Liga Primer Inggris yang merupakan salah satu liga terbaik di dunia (jika bukan yang nomor satu). Sayangnya, jika melihat Inggris secara umum, kita justru hampir tidak bisa melihat dominasi pemain atau pelatih/manajer Inggris di dunia. Mereka hanya jago di negara mereka sendiri saja.

Jika misalnya kita bandingkan dengan Brasil, nyatanya kita bisa melihat banyak pemain sepak bola Brasil di berbagai liga di dunia, dan mereka adalah orang-orang yang sukses. Begitu juga dengan misalnya Jerman. Tapi tidak demikian dengan Inggris. Bahkan sekarang Liga Inggris saja sudah dipenuhi oleh para pemain dan manajer asing.

Inilah kenapa meskipun Gary Neuville adalah sosok yang cukup terkenal di dunia sepakbola, masih sangat sulit bagi publik menerima sosoknya sebagai pelatih kepala di Spanyol. Hal ini juga berlaku bagi kebanyakan orang Inggris di berbagai negara, terutama (selain Spanyol) di Italia, Jerman, atau Prancis.

Ditambah dengan dipecatnya David Moyes dari kursi kepelatihan Real Sociedad pada awal bulan November lalu, semakin membuat publik meremehkan kualitas manajer asal Britania di luar Britania.

Namun, hal ini juga sekaligus akan menegaskan posisi Gary Neuville. Boleh jadi ia kini adalah harapan satu-satunya untuk menyelamatkan wajah pemain sepak bola (terutama manajerial) Britania di luar Britania, khususnya di lima liga top Eropa (Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis).

Check Also

Prediksi antara Barcelona vs Atletico Madrid 30 Januari 2016

Pada pekan ke-22, Liga Spanyol, musim 2015-2016 tersaji pertandingan antara Barcelona melawan Atletico Madrid yang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *